RPP Bahasa Sunda kelas 2 SD semester 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah : SDIT Luqmanul Hakim
Mata
Pelajaran : Bahasa Sunda
Kelas/Semester
: 2/2
Pertemuan/Unit
: 1 – 4 / 5
Materi
Ajar : Tatakrama
Alokasi
Waktu : 4pertemuan (8 x 35
menit) (8 -29Januari 2018)
A. Standar Kompetensi:
2.1 Mampu menyimak untuk memahami dan
menanggapi tata tertib belajar.
2.2 Mampu berbicara
untuk mengungkapkan pikiran , perasaan, dan keinginan dalam mengajak, berjanji,
memperkenalkan, mengundang, dan bertamu.
2.3 Mampu membaca untuk memahami dan menanggapi
bacaan melalui kegiatan menyaring, membaca, atau menembangkan kakawihan , dan
dongeng.
2.4 Mampu menulis, menyusun, dan menyempurnakan
kalimat, serta menyalin paragraf pendek.
B. Kompetensi Dasar:
3.1.1 Menyimak
kakawihan .
3.2.1 Menghafal kosa kata basa
lemes dan basa kasar
3.3.1 Membaca
cerita
3.4.1 Menulis
kalimat menggunakan bahasa
lemes
C. Indikator:
Pertemuan pertama8 Januari 2018:
§
Menyimak kakakwihan “Ayang-ayang gung”
§
Mengartikan kata yang ada dalam kakawihan
Pertemuan kedua15 Januari 2018:
§
Menyebutkan kata dalam
bahasa lemes dan kasar kepada orang tua dan teman
§
Menghafal kosa kata basa lemes dan kasar kepada orang tua
dan teman
Pertemuan ketiga 22 Januari 2018:
§
Membaca untuk memahami dan menanggapi bacaan.
§
Menjawab pertanyaan sesuai isi bacaan
Pertemuan keempat 29 Januari 2018:
§
Menerapkan penggunaan basa lemes pada kalimat.
§
Menjawab soal-soal latihan
D.
Tujuan Pembelajaran
E. Materi Pembelajaran
Pangajaran 5(Tatakrama)
F.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan pertama tanggal
8 Januari 2018:
F Kegiatan Pendahuluan
·
Guru memberikan salam dan mengajak siswa berdoa
·
Guru mengadakan apersepsi dan
memotivasi siswa untuk belajar
·
Guru mengkondisikan siswa agar
siap belajar
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada
pertemuan tersebut dan ruang lingkup materi yang akan dipelajari,
F
Kegiatan inti
·
Guru meminta siswa untuk menyebutkan kosakata
bahasa sunda yang telah dipelajari pada semester 1.
·
Guru memberikan kosa kata baru tentang bab yang akan
dipelajari “tatakrama”
·
Guru meminta siswa menyimak kakawihan “Ayang-ayang gung” dan mempraktekan
kakawihan tersebut.
·
Siswa perkelompok maju ke depan kelas menyanyikan
kakawihan “Ayang-ayang gung”
·
Siswa mencari kata yang terdapat dalam kakawihan
tersebut.
·
Guru bersama siswa mengartikan kata yang terdapat dalam
kakawihan.
F Kegiatan Penutup
·
Guru menutup kegiatan dengan menanyakan kepada
siswa kegiatan apa saja yang dilakukan hari ini dan apa yang siswa rasakan?
·
Guru menanyakan kepada siswa manfaat berbicara yang sopan.
·
Guru menyampaikan pesan moral agar senantiasa sopan santun terhadap orang lain.
·
Guru mengucapkan salam dan doa penutup.
Pertemuan kedua tanggal 15 Januari 2018:
F Kegiatan Pendahuluan
·
Guru memberikan salam dan mengajak siswa berdoa
·
Guru mengadakan apersepsi dan
memotivasi siswa untuk belajar
·
Guru mengkondisikan siswa agar
siap belajar
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada
pertemuan tersebut dan ruang lingkup materi yang akan dipelajari.
F
Kegiatan inti
·
Guru meminta siswa untuk membaca teks “Ngalayad Ibu Guru”
·
Siswa menjawab pertanyaan sesuai isi teks.
·
Menyebutkan kata dalam
bahasa lemes dan kasar kepada orang tua dan teman
·
Siswa menghafal kosa kata basa lemes dan kasar kepada
orang tua dan teman
·
Siswa bergiliran ke depan kelas untuk
menyampaikan kosa kata basa lemes dan
basa kasar kepada orang tua dan teman.
F Kegiatan Penutup
·
Guru menutup kegiatan dengan menanyakan kepada
siswa kegiatan apa saja yang dilakukan hari ini dan apa yang siswa rasakan?
·
Guru menanyakan kepada siswa kosa kata yang telah dipelajari.
·
Guru menyampaikan pesan moral agar senantiasa berkata
sopan ketika berbicara kepada orang tua dan teman.
·
Guru mengucapkan salam dan doa penutup.
Pertemuan ke tiga tanggal 22Januari 2018
F Kegiatan Pendahuluan
·
Guru memberikan salam dan mengajak siswa berdoa
·
Guru mengadakan apersepsi dan
memotivasi siswa untuk belajar
·
Guru mengkondisikan siswa agar
siap belajar
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada
pertemuan tersebut dan ruang lingkup materi yang akan dipelajari.
F
Kegiatan inti
·
Guru meminta siswa untuk membaca teks “Tatangga
anyar”
·
Siswa menjawab pertanyaan sesuai isi bacaan“Tatangga
anyar”
·
Siswa mempraktekkan bagaiman cara bertamu
(narima semah ) yang benar
·
Siswa menyebutkan nama tetangga baru di sekitar
halaman rumahnya.
·
Siswa membuat kalimat menggunakan kata yang
diberikan guru.
F Kegiatan Penutup
·
Guru menutup kegiatan dengan menanyakan kepada
siswa kegiatan apa saja yang dilakukan hari ini dan apa yang siswa rasakan?
·
Guru mengucapkan salam dan doa penutup.
Pertemuan keempat 29 Januari 2018:
F Kegiatan Pendahuluan
·
Guru memberikan salam dan mengajak siswa berdoa
·
Guru mengadakan apersepsi dan
memotivasi siswa untuk belajar
·
Guru mengkondisikan siswa agar
siap belajar
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada
pertemuan tersebut dan ruang lingkup materi yang akan dipelajari.
F
Kegiatan inti
·
Guru menjelaskan penulisan kalimat basa lemes
dan basa kasar
·
Siswa berlatih menerapkan basa lemes dan basa
kasar pada latihan soal.
·
Guru mencontohkan cara mengubah kalimat kasar
menjadi kalimat basa lemes kepada orang yang lebih tua (sepuh).
·
Siswa berlatih menerapkan perubahan kalimat
basa kasar dan kalimat bas lemes kepada orang yang lebih tua (sepuh)
F Kegiatan Penutup
·
Guru menutup kegiatan dengan menanyakan kepada
siswa kegiatan apa saja yang dilakukan hari ini dan apa yang siswa rasakan?
·
Guru mengucapkan salam dan doa penutup.
G.
Metode Pembelajaran
Metode langsung, metode
menyimak, metode membaca, metode menghapal, metode pengamatan
(picture and picture).
H.
Media Pembelajaran
Papan
tulis, spidol, penghapus papan, buku paket, buku tulis, alat tulis, soal-soal
latihan.
I.
Sumber Pembelajaran
Buku Paket panungtung
basa kurikulum 2006 muatan local jawa barat
J.
Penilaian
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
§ Mengartikan kata yang ada dalam kakawihan dengan tepat.
§ Menyebutkan kata dalam
bahasa lemes dan kasar kepada orang tua dan teman
§ Menghafal kosa kata basa lemes dan kasar kepada orang
tua dan teman
§ Membaca
untuk memahami dan menanggapi bacaan.
§ Menjawab pertanyaan sesuai isi bacaan
§ Menerapkan penggunaan basa lemes pada kalimat.
§ Menjawab
soal-soal latihan
|
Lisan
Lisan
|
Praktek menyanyikan
kakawihan
|
1.
Coba nyanyikan kakawihan “Ayang-ayang gung” dengan
pengucapan yang tepat!
2.
Apa bahasa lemes na orang tua?
3.
Ubah lah kalimat berikut dengan bahasa lemes!
- Aki geus dahar can?
|
Nilai peserta didik =
x 100
Mengetahui, Bandung,
Januari 2018
Kepala Sekolah Guru Bahasa Sunda
Wenty
Supriyatni, S.Pd. Yani Yuliani, S.Pd.I
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah : SDIT Luqmanul Hakim
Mata
Pelajaran : Bahasa Sunda
Kelas/Semester
: 2/2
Pertemuan/Unit
: 5 – 8 / 6
Materi
Ajar : Kaulinan
Barudak
Alokasi
Waktu : 4 pertemuan (8x 35 menit) ( 5 - 26Februari 2018)
A.
Standar
Kompetensi:
2.1 Mampu menyimak untuk memahami dan
menanggapi tata tertib belajar.
2.2 Mampu berbicara
untuk mengungkapkan pikiran , perasaan, dan keinginan dalam mengajak, berjanji,
memperkenalkan, mengundang, dan bertamu.
2.3 Mampu membaca untuk memahami dan menanggapi
bacaan melalui kegiatan menyaring, membaca, atau menembangkan kakawihan , dan
dongeng.
2.4 Mampu menulis, menyusun, dan menyempurnakan
kalimat, serta menyalin paragraf pendek.
B. Kompetensi Dasar:
3.1.3Mampu
menyimak kakawihan
3.2.3 Menceritakan gambar kaulinan
barudak
3.3.3Membaca cepat teks
3.4.3Menulis/menyusun kalimat sederhana
C. Indikator Pencapaian Kompetensi:
Pertemuan ke lima5 Februari 2018:
Pertemuan keenam 12
Februari 2018:
· Membuat
cerita sesuai dengan gambar
· Mempraktekan salah satu permainan tradisional
Pertemuan ketujuh 19 Februari 2018:
· Membaca
bercepat
teks “Ucing sumput”
· Mencari kata yang sulit di pahami dalam teks bacaan.
Pertemuan kedelapan26Februari 2018:
·
Membuat/ menyusun kalimat sederhana dengan menggunakan huruf kapital, tanda baca titik dan
koma.
·
Menjawab soal latihan
D.
Tujuan Pembelajaran
E.
Materi
Pembelajaran
Pangajaran 6 (Kaulinan barudak)
F.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan ke-lima5
Februari 2018:
F Kegiatan Pendahuluan :
·
Guru memberikan salam dan mengajak siswa berdoa
·
Guru mengadakan apersepsi dan
memotivasi siswa untuk belajar
·
Guru mengkondisikan siswa agar
siap belajar
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada
pertemuan tersebut dan ruang lingkup materi yang akan dipelajari.
F
Kegiatan inti
·
Menyanyikan kakawihan
“oray-orayan”
·
Guru memberikan penjelasan tentang kaulinan barudak.
·
Siswa menyebutkan macam-macam permainan tradisional yang di ketahui
nya.
·
Siswa secara berkelompok memilih
satu permainan yang akan di praktekan ke depan kelas.
·
Siswa bergiliran maju ke depan kelas mempraktekan
permainan tradisional.
F Kegiatan Penutup
·
Guru menutup kegiatan dengan menanyakan kepada
siswa kegiatan apa saja yang dilakukan hari ini dan apa yang siswa rasakan?
·
Guru mengucapkan salam dan doa penutup.
Pertemuan keenam 12
Februari 2018:
F Kegiatan Pendahuluan :
·
Guru memberikan salam dan mengajak siswa berdoa
·
Guru mengadakan apersepsi dan
memotivasi siswa untuk belajar
·
Guru mengkondisikan siswa agar
siap belajar
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada
pertemuan tersebut dan ruang lingkup materi yang akan dipelajari.
F
Kegiatan inti
·
Siswa menyimak teks gambar yang dibacakan oleh guru
·
Mengamati gambar dan membuat cerita sesuai
dengan gambar.
·
Bersama-sama mempraktekan permainan tradisional di
lapangan.
F Kegiatan Penutup
·
Guru menutup kegiatan dengan menanyakan kepada
siswa kegiatan apa saja yang dilakukan hari ini dan apa yang siswa rasakan?
·
Guru mengucapkan salam dan doa penutup.
Pertemuan ke tujuh19Februari 2018 :
F Kegiatan Pendahuluan :
·
Guru memberikan salam dan mengajak siswa berdoa
·
Guru mengadakan apersepsi dan
memotivasi siswa untuk belajar
·
Guru mengkondisikan siswa agar
siap belajar
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada
pertemuan tersebut dan ruang lingkup materi yang akan dipelajari.
F
Kegiatan inti
·
Siswa membaca teks bacaan “ucing sumput”dengan cepat
·
Menjawab pertanyaan sesuai dengan teks bacaan
·
Menandai kosakata yang ada dalam bacaan.
·
Mengerjakan latihan soal yang ada dalam buku paket.
F Kegiatan Penutup
·
Guru menutup kegiatan dengan menanyakan kepada
siswa kegiatan apa saja yang dilakukan hari ini dan apa yang siswa rasakan?
·
Guru mengucapkan salam dan doa penutup.
Pertemuan keempat 26 Februari 2018:
F Kegiatan Pendahuluan :
·
Guru memberikan salam dan mengajak siswa berdoa
·
Guru mengadakan apersepsi dan
memotivasi siswa untuk belajar
·
Guru mengkondisikan siswa agar
siap belajar
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada
pertemuan tersebut dan ruang lingkup materi yang akan dipelajari.
F
Kegiatan inti
·
Menyebutkan istilah-istilah yang ada dalam permainan tradisional.
·
Guru menjelaskan menulis kalimat sederhana yang
baik dengan menerapkan huruf
kapital dan tanda baca yang benar.
·
Siswa membuat contoh kalimat sederhanadengan menerapkan huruf kapital dan tanda baca yang benar.
·
Membuat kalimat sederhana dengan mengamati gambar yang
ada dalam soal.
F Kegiatan Penutup
·
Guru menutup kegiatan dengan menanyakan kepada
siswa kegiatan apa saja yang dilakukan hari ini dan apa yang siswa rasakan?
·
Guru mengucapkan salam dan doa penutup.
G.
Metode Pembelajaran
Metode ceramah, Metode latihan, Demostrasi
dan Audio visual
H.
Media Pembelajaran
Media : Papan tulis, spidol, penghapus papan, buku paket, buku tulis, alat tulis,
Soal-soal latihan, gambar alat kebersihan
I.
Sumber Pembelajaran
Sumber : Buku Paket panungtung
basa kurikulum 2006 muatan local jawa barat
J.
Penilaian
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
§
Menyimak kakawihan “oray-orayan”
dengan sikap yang baik
§
menyebutkan macam-macam permainan tradisional
§
membuat cerita sesuai dengan gambar
§
mempraktekan salah satu permainan tradisional
§
membaca bercepat teks
“Ucing sumput”
§
mencari kata yang sulit di pahami dalam teks bacaan.
§
membuat/ menyusun kalimat sederhana
|
Lisan
Tulisan
Tulisan
Tulisan
|
Jawaban singkat
Lembar kerja
Praktek
Lembar kerja
|
1. Nyanyikan kakawihan “oray-orayan”dengan benar!
2. Sebutkeun kaulinan naon anu sok di ulinkeun ku anjeun!
3. Prak caritakeun kaulinan nu aya dina gambar!
|
Nilai peserta didik =
x 100
Mengetahui, Bandung, Januari 2018
Kepala Sekolah Guru Bahasa Sunda
Wenty
Supriyatni, S.Pd. Yani Yuliani, S.Pd.I
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah : SDIT Luqmanul Hakim
Mata
Pelajaran : Bahasa Sunda
Kelas/Semester
: 2/2
Pertemuan/Unit
: 9-12 / 7
Materi
Ajar : Olahraga
Alokasi
Waktu : 4 pertemuan (8x 35 menit) (2-9 dan 30 April 2018 )
A. Standar Kompetensi:
2.1 Mampu menyimak untuk memahami dan
menanggapi tata tertib belajar, penjelasan, dongeng, dan kakawihan.
2.2 Mampu berbicara
untuk mengungkapkan pikiran , perasaan, dan keinginan dalam mengajak, berjanji,
memperkenalkan, mengundang, dan bertamu.
2.3 Mampu membaca untuk memahami dan menanggapi
bacaan melalui kegiatan menyaring, membaca, atau menembangkan kakawihan , dan
dongeng.
2.4 Mampu menulis, menyusun, dan menyempurnakan
kalimat, serta menyalin paragraf pendek.
B. Kompetensi Dasar:
4.1.4Menyimakcerita
4.2.4Membuat kalimah jangji
4.3.4 Membaca teks bacaan
4.4.4 Menulis tegak bersambung
C. IndikatorPencapaian Kompetensi:
Pertemuan ke sembilan 2April 2018:
§
Menyimak bacaan tentang “mangfaat olahraga”
§
Menyebutkan macam-macam
olahraga
Pertemuan kesepuluh 9 April 2018:
§ Membuat
kalimat janji kepada teman
§ Mempraktekan
salah satu olahraga
Pertemuan kesebelas30 April 2018
§ Membaca teks “Maen bal”
§ Menyusun kalimah dengan benar
§ Menyalin ke dalam tulisan tegak bersambung
D.
Tujuan Pembelajaran
§
Siswa dapat menyimak bacaan tentang “mangfaat olahraga” dengan seksama.
§ Siswa dapatmenyebutkan macam-macam olahraga Membuat
kalimat janji kepada teman dengan benar
§ Siswa
dapat mempraktekan salah satu olahragadengan semangat
§ Siswa
dapatmembaca teks “Maen
bal”
dengan cepat
§ Siswa
dapat menyusun kalimah dengan benar
§
Siswa dapat menyalin ke dalam tulisan tegak bersambung
E. Materi Pembelajaran
Pangajaran 7 Olahraga
F.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan
2 April 2018:
F Kegiatan Pendahuluan :
·
Guru memberikan salam dan mengajak siswa berdoa
·
Guru mengadakan apersepsi dan
memotivasi siswa untuk belajar
·
Guru mengkondisikan siswa agar
siap belajar
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada
pertemuan tersebut dan ruang lingkup materi yang akan dipelajari.
F
Kegiatan inti
·
Bertanyajawab mengenai materi olahraga.
·
Mendengarkan cerita tentang “manfaat olahraga”.
·
Bersama-sama menyebutkan macam-macam olahraga
·
Siswa menjawab soal latihan.
F Kegiatan Penutup
·
Guru menutup kegiatan dengan menanyakan kepada
siswa kegiatan apa saja yang dilakukan hari ini dan apa yang siswa rasakan?
·
Guru mengucapkan salam dan doa penutup.
Pertemuan 9 April 2018:
F Kegiatan Pendahuluan :
·
Guru memberikan salam dan mengajak siswa berdoa
·
Guru mengadakan apersepsi dan
memotivasi siswa untuk belajar
·
Guru mengkondisikan siswa agar
siap belajar
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada
pertemuan tersebut dan ruang lingkup materi yang akan dipelajari.
F
Kegiatan inti
·
Membaca teks percakapan tentang “Latihan maen bal”
·
Mempraktekan teks percakapan di atas.
·
Guru menjelaskan cara membuat kalimat janji kepada teman.
·
Siswa mengerjakan latihan membuat kalimat janji kepada
teman.
F Kegiatan Penutup
·
Guru menutup kegiatan dengan menanyakan kepada
siswa kegiatan apa saja yang dilakukan hari ini dan apa yang siswa rasakan?
·
Guru mengucapkan salam dan doa penutup.
Pertemuan 30 April 2018:
F Kegiatan Pendahuluan :
·
Guru memberikan salam dan mengajak siswa berdoa
·
Guru mengadakan apersepsi dan
memotivasi siswa untuk belajar
·
Guru mengkondisikan siswa agar
siap belajar
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada
pertemuan tersebut dan ruang lingkup materi yang akan dipelajari.
F
Kegiatan inti
·
Guru memberikan kosakata baru tentang istilah-istilah dalam olahraga.
·
Guru menjelaskan cara membuat kalimat menggunakan
istilah-istilah dalam olahraga.
·
Siswa berlatih membuat kalimat menggunakan
istilah-istilah dalam olahraga.
·
Siswa menuliskan kalimat dengan huruf tegak bersambung.
·
Siswa menjawab latihan-latihan soal di akhir bab.
F Kegiatan Penutup
·
Guru menutup kegiatan dengan menanyakan kepada
siswa kegiatan apa saja yang dilakukan hari ini dan apa yang siswa rasakan?
·
Guru mengucapkan salam dan doa penutup.
G.
Metode Pembelajaran
Metode langsung, metode
menyimak, metode membaca, metode menghapal, metode pengamatan.
H.
Media Pembelajaran
Papan
tulis, spidol, penghapus papan, buku paket, buku tulis, alat tulis, gambar-gambar
tumbuhan, soal-soal latihan
I.
Sumber Pembelajaran
Buku Paket panungtung
basa kurikulum 2006 muatan local jawa barat
J.
Penilaian
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
§ menyimak
bacaan tentang “mangfaat olahraga” dengan seksama.
§ menyebutkan macam-macam
olahraga Membuat
kalimat janji kepada teman dengan benar
§ mempraktekan salah satu
olahragadengan semangat
§ membaca teks “Maen
bal”
dengan cepat
§ menyusun kalimah
dengan benar
§ menyalin ke dalam
tulisan tegak bersambung
|
Lisan
Lisan
Tulisan
Tulisan
|
Jawaban singkat
Praktek
Lembar kerja
Lembar kerja
|
1. sebutkeun mangfaat olahraga nu aya dina bacaan!
2. Sebutkeun macem-macem olahraga!
3. Prak petakeun
carana nyieun jangji ka babaturan!
4. Salin kalimah di handap make aksara sambung!
Dadi mah sok kapeto jadi kiper.
|
Nilai peserta didik =
x 100
Mengetahui, Bandung, Januari 2018
Kepala Sekolah Guru Bahasa Sunda
Wenty Supriyatni,
S.Pd. Yani Yuliani, S.Pd.I
Komentar
Posting Komentar