RPP Bahasa Sunda kelas 2 SD semester 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah : SDIT Luqmanul Hakim
Mata
Pelajaran : Bahasa Sunda
Kelas/Semester
: 2/1
Pertemuan/Unit
: 1 – 4 / 1
Materi
Ajar : Atikan
Alokasi
Waktu : 4 pertemuan (8 x 35
menit) (24 juli-14 Agustus 2017)
A. Standar Kompetensi:
2.1 Mampu menyimak untuk memahami dan
menanggapi tata tertib belajar.
2.2 Mampu berbicara
untuk mengungkapkan pikiran , perasaan, dan keinginan dalam mengajak, berjanji,
memperkenalkan, mengundang, dan bertamu.
2.3 Mampu membaca untuk memahami dan menanggapi
bacaan melalui kegiatan menyaring, membaca, atau menembangkan kakawihan , dan
dongeng.
2.4 Mampu menulis, menyusun, dan menyempurnakan
kalimat, serta menyalin paragraf pendek.
B. Kompetensi Dasar:
2.1.1 Menyimak tatacara atau tata tertib belajar.
2.2.1 Mengajak
teman
2.3.1 Membaca nyaring
2.4.1 Menulis kalimat berhuruf kapital
C. Indikator:
Pertemuan pertama 24 Juli 2017:
§
Menyimak wacana “tertib
diajar” dengan sikap yang baik
Pertemuan kedua 31 Juli
2017:
§
Menyebutkan cara mengajak teman (Kalimah
pangajak)
Pertemuan ketiga 07 Agustus 2017:
§
Membaca untuk memahami dan menanggapi bacaan
melalui membaca nyaring.
Pertemuan keempat 14 Agustus 2017:
§
Menerapkan cara menulis huruf capital yang
benar.
§
Dapat menjawab soal latihan
D.
Tujuan Pembelajaran
E. Materi Pembelajaran
Pangajaran 1 (Atikan)
F.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan pertama tanggal
24 Juli 2017:
F Kegiatan Pendahuluan
·
Guru memberikan salam dan mengajak siswa berdoa
·
Guru mengadakan apersepsi dan
memotivasi siswa untuk belajar
·
Guru mengkondisikan siswa agar
siap belajar
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada
pertemuan tersebut dan ruang lingkup materi yang akan dipelajari,
F
Kegiatan inti
·
Guru meminta siswa untuk menyebutkan kosakata
bahasa sunda yang telah dipelajari di kelas 1.
·
Guru meminta siswa menyimak wacana “tata tertib belajar” dan menyebutkan nama-nama kegiatan yang tertera dalam cerita.
·
Guru menyebutkan kegiatan yang
terdapat dalam cerita
· Guru memberikan
kosakata baru dari wacana “tartib diajar”
F Kegiatan Penutup
·
Guru menutup kegiatan dengan menanyakan kepada
siswa kegiatan apa saja yang dilakukan hari ini dan apa yang siswa rasakan?
·
Guru menanyakan kepada siswa manfaat tertib
belajar.
·
Guru menyampaikan pesan moral agar senantiasa tertib
dalam belajar.
·
Guru mengucapkan salam dan doa penutup.
Pertemuan kedua tanggal
31 Juli 2017:
F Kegiatan Pendahuluan
·
Guru memberikan salam dan mengajak siswa berdoa
·
Guru mengadakan apersepsi dan
memotivasi siswa untuk belajar
·
Guru mengkondisikan siswa agar
siap belajar
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada
pertemuan tersebut dan ruang lingkup materi yang akan dipelajari.
F
Kegiatan inti
·
Guru meminta siswa untuk membaca teks “Diajar
Babarengan”
·
Guru menjelaskan contoh kalimah ajakan.
·
Guru meminta siswa membuat contoh mengajak
teman.
·
Siswa bergiliran ke depan kelas untuk
menyampaikan contoh mengajak teman yang benar.
F Kegiatan Penutup
·
Guru menutup kegiatan dengan menanyakan kepada
siswa kegiatan apa saja yang dilakukan hari ini dan apa yang siswa rasakan?
·
Guru menanyakan kepada siswa manfaat belajar
kalimah ajakan.
·
Guru menyampaikan pesan moral agar senantiasa berkata
sopan ketika mengajak teman.
·
Guru mengucapkan salam dan doa penutup.
Pertemuan ke tiga tanggal 7 Agustus 2017
F Kegiatan Pendahuluan
·
Guru memberikan salam dan mengajak siswa berdoa
·
Guru mengadakan apersepsi dan
memotivasi siswa untuk belajar
·
Guru mengkondisikan siswa agar
siap belajar
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada
pertemuan tersebut dan ruang lingkup materi yang akan dipelajari.
F
Kegiatan inti
·
Guru meminta siswa untuk membaca teks “Budak
bageur”
·
Siswa menjawab pertanyaan sesuai isi bacaan
“Budak bageur”
·
Siswa membuat kalimat menggunakan kata yang
diberikan guru.
F Kegiatan Penutup
·
Guru menutup kegiatan dengan menanyakan kepada
siswa kegiatan apa saja yang dilakukan hari ini dan apa yang siswa rasakan?
·
Guru mengucapkan salam dan doa penutup.
Pertemuan keempat 14 Agustus 2017:
F Kegiatan Pendahuluan
·
Guru memberikan salam dan mengajak siswa berdoa
·
Guru mengadakan apersepsi dan
memotivasi siswa untuk belajar
·
Guru mengkondisikan siswa agar
siap belajar
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada
pertemuan tersebut dan ruang lingkup materi yang akan dipelajari.
F
Kegiatan inti
·
Guru menjelaskan penulisan huruf kapital yang
benar
·
Siswa berlatih menulis huruf kapital pada
kalimat dengan benar.
·
Siswa menjawab soal latihan di buku paket dan
di papan tulis .
F Kegiatan Penutup
·
Guru menutup kegiatan dengan menanyakan kepada
siswa kegiatan apa saja yang dilakukan hari ini dan apa yang siswa rasakan?
·
Guru mengucapkan salam dan doa penutup.
G.
Metode Pembelajaran
Metode langsung, metode
menyimak, metode membaca, metode menghapal, metode pengamatan.
H.
Media Pembelajaran
Papan
tulis, spidol, penghapus papan, buku paket, buku tulis, alat tulis, soal-soal
latihan.
I.
Sumber Pembelajaran
Buku Paket panungtung
basa kurikulum 2006 muatan local jawa barat
J.
Penilaian
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
§ Menyimak wacana “tertib
diajar” dengan sikap yang baik
§ Menyebutkan cara mengajak teman (Kalimah
pangajak)
§ Membaca untuk memahami dan menanggapi bacaan
melalui membaca nyaring.
§ Menerapkan cara menulis huruf capital yang
benar.
|
Lisan
Tulisan
Lisan
Tulisan
|
Jawaban singkat
Lembar kerja
Jawaban singkat
Isian
|
1.
Kudu kumaha sangkan diajar leuwih hade?
2.
Prak jieun 2 conto kalimah ngajak babaturan!
3.
Sebutkeun cara-cara tartib diajar!
4.
Titénan kalimah di handap ngagunakeun aksara
gede!
dadi budak pinter.
|
Nilai peserta didik =
x 100
Mengetahui, Bandung, Juli 2017
Kepala Sekolah Guru Bahasa Sunda
Wenty
Supriatni, S.Pd. Yani Yuliani, S.Pd.I
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah : SDIT Luqmanul Hakim
Mata
Pelajaran : Bahasa Sunda
Kelas/Semester
: 2/1
Pertemuan/Unit
: 1 – 4 / 2
Materi
Ajar : Kesehatan
Alokasi
Waktu : 4 pertemuan (8 x 35
menit) (21 Agust-11 Sept 2017)
A.
Standar
Kompetensi:
2.1 Mampu menyimak untuk memahami dan
menanggapi tata tertib belajar.
2.2 Mampu berbicara
untuk mengungkapkan pikiran , perasaan, dan keinginan dalam mengajak, berjanji,
memperkenalkan, mengundang, dan bertamu.
2.3 Mampu membaca untuk memahami dan menanggapi
bacaan melalui kegiatan menyaring, membaca, atau menembangkan kakawihan , dan
dongeng.
2.4 Mampu menulis, menyusun, dan menyempurnakan
kalimat, serta menyalin paragraf pendek.
B. Kompetensi Dasar:
2.1.2 Mampu
menyimak penjelasan tentang cara hidup sehat
2.2.2 Menyampaikan kalimat janji dengan teman
2.3.2 Membaca bersuara (nyoara) eksposisi
2.4.2 Menulis/menyusun kalimat sederhana
C. Indikator Pencapaian Kompetensi:
Pertemuan pertama 21 Agustus 2017:
· Menyimak wacana “kesehatan” dengan sikap yang baik
· Menjawab
pertanyaan sesuai isi teks bacaan
Pertemuan kedua 28
Agustus 2017:
· Membuat
cerita sesuai dengan gambar
· Membuat
kalimat janji kepada teman
Pertemuan ketiga 04 September 2017:
· Membaca
bersuara teks bacaan “Miara kesehatan”
· Menjawab
pertanyaan sesuai dengan teks bacaan
Pertemuan keempat 11 September 2017:
·
Membuat/ menyusun kalimat sederhana
·
Dapat menjawab soal latihan
D.
Tujuan Pembelajaran
E.
Materi
Pembelajaran
Pangajaran 2 (Kaséhatan)
F.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan pertama 21
Agustus 2017:
F Kegiatan Pendahuluan :
·
Guru memberikan salam dan mengajak siswa berdoa
·
Guru mengadakan apersepsi dan
memotivasi siswa untuk belajar
·
Guru mengkondisikan siswa agar
siap belajar
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada
pertemuan tersebut dan ruang lingkup materi yang akan dipelajari.
F
Kegiatan inti
·
Guru memberikan penjelasan tentang kesehatan.
·
Siswa menyimak teks bacaan “Sarat-sarat pikeun séhat”
·
Siswa menyebutkan nama-nama
kegiatan yang tertera dalam cerita.
F Kegiatan Penutup
·
Guru menutup kegiatan dengan menanyakan kepada
siswa kegiatan apa saja yang dilakukan hari ini dan apa yang siswa rasakan?
·
Guru mengucapkan salam dan doa penutup.
Pertemuan kedua 28
Agustus 2017:
F Kegiatan Pendahuluan :
·
Guru memberikan salam dan mengajak siswa berdoa
·
Guru mengadakan apersepsi dan
memotivasi siswa untuk belajar
·
Guru mengkondisikan siswa agar
siap belajar
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan
tersebut dan ruang lingkup materi yang akan dipelajari.
F
Kegiatan inti
·
Siswa menyimak teks percakapan yang dibacakan
oleh guru
·
Mengamati gambar dan membuat cerita sesuai
dengan gambar.
·
Guru menjelaskan tentang kalimat janji yang
benar.
·
Siswa membuat kalimat janji kepada teman.
F Kegiatan Penutup
·
Guru menutup kegiatan dengan menanyakan kepada
siswa kegiatan apa saja yang dilakukan hari ini dan apa yang siswa rasakan?
·
Guru mengucapkan salam dan doa penutup.
Pertemuan ke tiga 04 September 2017 :
F Kegiatan Pendahuluan :
·
Guru memberikan salam dan mengajak siswa berdoa
·
Guru mengadakan apersepsi dan
memotivasi siswa untuk belajar
·
Guru mengkondisikan siswa agar
siap belajar
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada
pertemuan tersebut dan ruang lingkup materi yang akan dipelajari.
F
Kegiatan inti
·
Siswa membaca teks bacaan “Miara kasehatan”dengan
suara yang nyaring
·
Menjawab pertanyaan sesuai dengan teks bacaan
·
Menandai kosakata yang ada dalam bacaan.
F Kegiatan Penutup
·
Guru menutup kegiatan dengan menanyakan kepada
siswa kegiatan apa saja yang dilakukan hari ini dan apa yang siswa rasakan?
·
Guru mengucapkan salam dan doa penutup.
Pertemuan keempat 11 September 2017:
F Kegiatan Pendahuluan :
·
Guru memberikan salam dan mengajak siswa berdoa
·
Guru mengadakan apersepsi dan
memotivasi siswa untuk belajar
·
Guru mengkondisikan siswa agar
siap belajar
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada
pertemuan tersebut dan ruang lingkup materi yang akan dipelajari.
F
Kegiatan inti
·
Menyebutkan istilah-istilah anggota badan
·
Siswa menyebutkan macam-macam alat (perkakas) untuk
menjaga kebersihan
·
Guru menjelaskan menulis kalimat sederhana yang
baik.
·
Siswa membuat contoh kalimat sederhana
·
Latihan menulis huruf tegak bersambung
F Kegiatan Penutup
·
Guru menutup kegiatan dengan menanyakan kepada
siswa kegiatan apa saja yang dilakukan hari ini dan apa yang siswa rasakan?
·
Guru mengucapkan salam dan doa penutup.
G.
Metode Pembelajaran
Metode ceramah, Metode latihan, Demostrasi
dan Audio visual
H.
Media Pembelajaran
Media : Papan tulis, spidol, penghapus papan, buku paket, buku tulis, alat tulis,
Soal-soal latihan, gambar alat kebersihan
I.
Sumber Pembelajaran
Sumber : Buku Paket panungtung
basa kurikulum 2006 muatan local jawa barat
J.
Penilaian
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
§ Menyimak wacana “kesehatan” dengan sikap yang baik.
§ Membuat kalimat janji kepada teman
§ Membaca bersuara teks bacaan “Miara
kesehatan”
§ Membuat/ menyusun kalimat sederhana
|
Lisan
Tulisan
Tulisan
Tulisan
|
Jawaban singkat
Lembar kerja
Lembar kerja
Lembar kerja
|
1. Sangkan hirup sehat kudu rajin miara….
2. prak jieun 5 contoh kalimat jangji ka
babaturan!
3. Jieun kalimah make kecap “seger”!
4. Susun kalimah di handap!
Kotor-ngondang-lingkungan-panyakit.
|
Nilai peserta didik =
x 100
Mengetahui, Bandung, Juli 2017
Kepala Sekolah Guru Bahasa Sunda
Wenty
Supriatni, S.Pd. Yani Yuliani, S.Pd.I
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah : SDIT Luqmanul Hakim
Mata
Pelajaran : Bahasa Sunda
Kelas/Semester
: 2/1
Pertemuan/Unit
: 1 – 4 / 1
Materi
Ajar : Tutuwuhan
Alokasi
Waktu : 4 pertemuan (8x 35
menit) (18 Sept-23 okt 2017)
A. Standar Kompetensi:
2.1 Mampu menyimak untuk memahami dan
menanggapi tata tertib belajar, penjelasan, dongeng, dan kakawihan.
2.2 Mampu berbicara
untuk mengungkapkan pikiran , perasaan, dan keinginan dalam mengajak, berjanji,
memperkenalkan, mengundang, dan bertamu.
2.3 Mampu membaca untuk memahami dan menanggapi
bacaan melalui kegiatan menyaring, membaca, atau menembangkan kakawihan , dan
dongeng.
2.4 Mampu menulis, menyusun, dan menyempurnakan
kalimat, serta menyalin paragraf pendek.
B. Kompetensi Dasar:
2.1.3 Menyimak
dongeng
2.2.3 Memperkenalkan teman
2.3.3 Membaca cerita
2.4.3 Menulis tegak bersambung
C. Indikator Pencapaian Kompetensi:
Pertemuan pertama 18 September 2017:
§
Menyimak isi dongeng tengtang “balap melak cau”
§
Menjawab pertanyaan sesuai isi dongeng.
Pertemuan kedua 09
Oktober 2017
§ Mempraktekan cara memperkenalkan teman
Pertemuan ketiga 16
Oktober 2017
§ Membaca teks “Tangkal kembang di buruan”
§ Menulis kalimah tentang macam-macam “tutuwuhan”
Pertemuan keempat 23
Oktober 2017
§ Menyusun kalimah dengan benar
§ Menyalin ke dalam tulisan tegak bersambung
D.
Tujuan Pembelajaran
E. Materi Pembelajaran
Pangajaran 3 Tutuwuhan
F.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan pertama 18 September 2017:
F Kegiatan Pendahuluan :
·
Guru memberikan salam dan mengajak siswa berdoa
·
Guru mengadakan apersepsi dan
memotivasi siswa untuk belajar
·
Guru mengkondisikan siswa agar
siap belajar
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada
pertemuan tersebut dan ruang lingkup materi yang akan dipelajari.
F
Kegiatan inti
·
Bertanyajawab mengenai materi tutuwuhan.
·
Mendengarkan dongeng “Balap melak cau”.
·
Guru menyebutkan kegiatan yang
terdapat dalam cerita
·
Siswa menjawab pertanyaan sesuai dengan teks
dongeng.
·
Siswa menyebutkan benih-benih tumbuhan
F Kegiatan Penutup
·
Guru menutup kegiatan dengan menanyakan kepada
siswa kegiatan apa saja yang dilakukan hari ini dan apa yang siswa rasakan?
·
Guru mengucapkan salam dan doa penutup.
Pertemuan kedua 09 Oktober 2017:
F Kegiatan Pendahuluan :
·
Guru memberikan salam dan mengajak siswa berdoa
·
Guru mengadakan apersepsi dan
memotivasi siswa untuk belajar
·
Guru mengkondisikan siswa agar
siap belajar
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada
pertemuan tersebut dan ruang lingkup materi yang akan dipelajari.
F
Kegiatan inti
·
Membaca teks percakapan memperkenalkan teman
·
Mempraktekan cara memperkenalkan teman ke depan
kelas secara bergiliran.
F Kegiatan Penutup
·
Guru menutup kegiatan dengan menanyakan kepada
siswa kegiatan apa saja yang dilakukan hari ini dan apa yang siswa rasakan?
·
Guru mengucapkan salam dan doa penutup.
Pertemuan ketiga 16 Oktober 2017:
F Kegiatan Pendahuluan :
·
Guru memberikan salam dan mengajak siswa berdoa
·
Guru mengadakan apersepsi dan
memotivasi siswa untuk belajar
·
Guru mengkondisikan siswa agar
siap belajar
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada
pertemuan tersebut dan ruang lingkup materi yang akan dipelajari.
F
Kegiatan inti
·
Guru memberikan kosakata baru tentang materi
“tutuwuhan”
·
Siswa membaca nyaring teks “tangkal kembang di
buruan”.
·
Menjawab pertanyaan sesuai isi teks.
·
Siswa menuliskan kalimat dengan menggunakan
kata bagian-bagian tumbuhan.
F Kegiatan Penutup
·
Guru menutup kegiatan dengan menanyakan kepada
siswa kegiatan apa saja yang dilakukan hari ini dan apa yang siswa rasakan?
·
Guru mengucapkan salam dan doa penutup.
Pertemuan keempat 23 Oktober 2017:
F Kegiatan Pendahuluan :
·
Guru memberikan salam dan mengajak siswa berdoa
·
Guru mengadakan apersepsi dan
memotivasi siswa untuk belajar
·
Guru mengkondisikan siswa agar
siap belajar
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada
pertemuan tersebut dan ruang lingkup materi yang akan dipelajari.
F
Kegiatan inti
·
Guru bertanya jawab tentang materi “tutuwuhan”
·
Guru memberikan contoh menyusun kalimat yang
benar
·
Siswa menyusun kalimat yang benar
·
Siswa menyalin tulisan kedalam tulisan tegak
bersambung yang benar.
F Kegiatan Penutup
·
Guru menutup kegiatan dengan menanyakan kepada
siswa kegiatan apa saja yang dilakukan hari ini dan apa yang siswa rasakan?
·
Guru mengucapkan salam dan doa penutup.
G.
Metode Pembelajaran
Metode langsung, metode
menyimak, metode membaca, metode menghapal, metode pengamatan.
H.
Media Pembelajaran
Papan
tulis, spidol, penghapus papan, buku paket, buku tulis, alat tulis, gambar-gambar
tumbuhan, soal-soal latihan
I.
Sumber Pembelajaran
Buku Paket panungtung
basa kurikulum 2006 muatan local jawa barat
J.
Penilaian
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
§ Menyimak isi dongeng tengtang “balap melak
cau”
§ Mempraktekan cara
memperkenalkan teman
§ Menulis kalimah
tentang macam-macam “tutuwuhan”
§ Menyalin ke dalam
tulisan tegak bersambung
|
Lisan
Lisan
Tulisan
Tulisan
|
Jawaban singkat
Praktek
Lembar kerja
Lembar kerja
|
1. sebutkeun tutuwuhan naon nu aya dina dongeng
“balap melak cau”!
2. Prak petakeun jeung babaturan carana
ngawanohkeun babaturan!
3. Sebutkeun ngaran babagian tutuwuhan nu aya
dina gambar!
4. Salin kalimah di handap make aksara sambung!
Pa
Ahmad nutuhan dahan jambu.
|
Nilai peserta didik =
x 100
Mengetahui, Bandung, Juli 2017
Kepala Sekolah Guru Bahasa Sunda
Wenty Supriatni,
S.Pd. Yani Yuliani, S.Pd.I
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah : SDIT Luqmanul Hakim
Mata
Pelajaran : Bahasa Sunda
Kelas/Semester
: 2/1
Pertemuan/Unit
: 1 – 4 / 2
Materi
Ajar : Sasatoan
Alokasi
Waktu : 4 pertemuan (8 x 35
menit) (30 Oktober -20 November 2017)
A. Standar Kompetensi:
2.1 Mampu menyimak untuk memahami dan
menanggapi tata tertib belajar, penjelasan, dongeng, dan kakawihan.
2.2 Mampu berbicara
untuk mengungkapkan pikiran , perasaan, dan keinginan dalam mengajak, berjanji,
memperkenalkan, mengundang, dan bertamu.
2.3 Mampu membaca untuk memahami dan menanggapi
bacaan melalui kegiatan menyaring, membaca, atau menembangkan kakawihan , dan
dongeng.
2.4 Mampu menulis, menyusun, dan menyempurnakan
kalimat, serta menyalin paragraf pendek.
B. Kompetensi Dasar:
2.1.4 Menyimak
kakawihan tentang sasatoan
2.2.4 Mengundang teman
2.3.4 Membaca dongeng
2.4.4 Menyempurnakan kalimat dengan menggunakan
tanda koma dan tanda titik
C. Indikator Pencapaian
Kompetensi
Pertemuan pertama 30 Oktober 2017:
§
Menyimak Kakawihan “ Cing cangkeling”
§
Menyebutkan kosakata yang terdapat dalam
kakawihan.
Pertemuan kedua 06
November 2017:
§
Membaca teks percakapan mengundang teman
§
Membuat kalimat mengundang teman yang benar.
Pertemuan ketiga 13 November 2017:
§
Membaca nyaring dongeng “kuya jeung monyet
ngala cau”
§
Menjawab pertanyaan sesuai isi dongeng.
Pertemuan keempat 30 November 2017:
§
Membedakan kalimat menggunakan tanda baca yang
tepat.
§
Dapat menjawab soal latihan
D.
Tujuan Pembelajaran
·
Peserta didik dapat menembangkan kakawihan
“cing cangkeling”
·
Peserta didik dapat mempraktekan cara
mengundang teman yang benar
·
Peserta didik dapat membaca nyaring dongeng
·
Peserta didik dapat menggunakan tanda koma dan
titik dengan rapih.
E.
Materi
Pembelajaran
Pangajaran 4 Sasatoan
F.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan pertama 30 Oktober 2017:
F Kegiatan Pendahuluan :
·
Guru memberikan salam dan mengajak siswa berdoa
·
Guru mengadakan apersepsi dan
memotivasi siswa untuk belajar
·
Guru mengkondisikan siswa agar
siap belajar
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada
pertemuan tersebut dan ruang lingkup materi yang akan dipelajari.
F
Kegiatan inti
·
Bertanyajawab mengenai nama-nama binatang yang
siswa ketahui.
·
Mendengarkan Kakawihan “cing cangkeling”
·
Siswa berkelompok maju ke depan kelas membaca Kakawihan
“cing cangkeling”
·
Mencari kosa kata yang terdapat dalam Kakawihan
“cing cangkeling”
·
Mengartikan kosakata yang terdapat dalam Kakawihan
“cing cangkeling”
F Kegiatan Penutup
·
Guru menutup kegiatan dengan menanyakan kepada
siswa kegiatan apa saja yang dilakukan hari ini dan apa yang siswa rasakan?
·
Guru mengucapkan salam dan doa penutup.
Pertemuan kedua 06
November 2017 :
F Kegiatan Pendahuluan :
·
Guru memberikan salam dan mengajak siswa berdoa
·
Guru mengadakan apersepsi dan
memotivasi siswa untuk belajar
·
Guru mengkondisikan siswa agar
siap belajar
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada
pertemuan tersebut dan ruang lingkup materi yang akan dipelajari.
F
Kegiatan inti
·
Guru menjelaskan cara mengundang teman yang
benar
·
Siswa membaca teks percakapan mengundang teman.
·
Guru memberikan contoh kalimat mengundang
teman.
·
Siswa menuliskan contoh kalimat mengundang
teman yang benar.
F Kegiatan Penutup
·
Guru menutup kegiatan dengan menanyakan kepada
siswa kegiatan apa saja yang dilakukan hari ini dan apa yang siswa rasakan?
·
Guru mengucapkan salam dan doa penutup.
Pertemuan ketiga 13 November 2017:
F Kegiatan Pendahuluan :
·
Guru memberikan salam dan mengajak siswa berdoa
·
Guru mengadakan apersepsi dan
memotivasi siswa untuk belajar
·
Guru mengkondisikan siswa agar
siap belajar
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada
pertemuan tersebut dan ruang lingkup materi yang akan dipelajari.
F
Kegiatan inti
·
Guru membacakan dongeng “kuya jeung monyet
ngala cau”
·
Siswa
menyimak dongeng yang dibacakan guru.
·
Bertanya jawab tentang isi dongeng.
·
Siswa secara acak membacakan dongeng dengan
suara yang lantang.
·
Siswa menjawab pertanyaan sesuai dengan isi
dongeng
F Kegiatan Penutup
·
Guru menutup kegiatan dengan menanyakan kepada
siswa kegiatan apa saja yang dilakukan hari ini dan apa yang siswa rasakan?
·
Guru mengucapkan salam dan doa penutup.
Pertemuan keempat 20 November 2017
F Kegiatan Pendahuluan :
·
Guru memberikan salam dan mengajak siswa berdoa
·
Guru mengadakan apersepsi dan
memotivasi siswa untuk belajar
·
Guru mengkondisikan siswa agar
siap belajar
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada
pertemuan tersebut dan ruang lingkup materi yang akan dipelajari.
F
Kegiatan inti
·
Guru menjelaskan penggunaan tanda baca (koma
dan titik) yang terdapat pada kalimat.
·
Guru memberikan contoh perbedaan kalimat yang
menggunakan tanda baca yang tepat
·
Siswa membedakan
kalimat yang sesuai dengan tanda baca koma dan tanda titik.
·
Siswa Menyalin
kalimat menggunakan tanda baca (koma dan titik) di buku tulis.
·
Melengkapi karangan menggunakan tanda koma dan
tanda titik.
·
Menyebutkan bagian-bagian binatang dan
·
Siswa menyalin dengan tulisan tegak bersambung.
·
Dapat menjawab soal latihan di buku paket
(Latihan)
F Kegiatan Penutup
·
Guru menutup kegiatan dengan menanyakan kepada
siswa kegiatan apa saja yang dilakukan hari ini dan apa yang siswa rasakan?
·
Guru mengucapkan salam dan doa penutup.
F.
Metode Pembelajaran
Metode langsung, metode
menyimak, metode membaca, metode menghapal, metode pengamatan.
G.
Media Pembelajaran
Papan
tulis, spidol, penghapus papan, buku paket, buku tulis, alat tulis, gambar-gambar
binatang, buku tegak sambung, soal-soal latihan.
H.
Sumber Pembelajaran
Buku Paket panungtung
basa kurikulum 2006 muatan local jawa barat
I.
Penilaian
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
§ Menyimak Kakawihan “ Cing cangkeling”
§ Membuat kalimat mengundang teman yang benar.
§ Membaca nyaring dongeng “kuya jeung monyet
ngala cau”
§ Membedakan kalimat menggunakan tanda baca
yang tepat.
|
Lisan
Tulisan
Lisan
Tulisan
|
Praktek
Lembar kerja
Praktek
Lembar kerja
|
1.
Prak praktekeun kakawihan “cing cangkeling”!
2.
Jieun 5 contoh carana ngondang ka babaturan nu bener!
3.
Baca dongeng dihandap make’ suara nu tarik!
4. Gunakeun
tanda koma jeung titik!
Di
imah Maman aya kelenci buluna bodas.
|
Nilai peserta didik =
x 100
Mengetahui, Bandung, Juli 2017
Kepala Sekolah Guru Bahasa Sunda
Wenty Supriatni,
S.Pd. Yani
Yuliani, S.Pd.I
Komentar
Posting Komentar